Tentang KARISMA OJKI 2021

Karisma pertama kali diselenggarakan oleh OJK Institute pada tahun 2021 dengan tema “Penguatan Manajemen Risiko, Pengembangan Regtech dan Suptech, dalam Menjaga Stabilitas Sektor Jasa Keuangan” yang terdiri dari tiga topik yaitu:

a. Penguatan Manajemen Risiko Sektor Jasa Keuangan di Era Digital.

b. Pengembangan Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Berbasis Teknologi Digital (Supervisory Technology/Suptech).

c. Penerapan dan Pengembangan Regulatory Technology (Regtech) pada Sektor Jasa Keuangan.

Pada akhir periode penyampaian karya riset ilmiah (KRI), terhimpun sebanyak 100 KRI yang terdiri dari 42 KRI manajemen risiko, 28 KRI suptech, dan 30 KRI regtech. Tahap penilaian awal dilakukan oleh delapan dewan juri eksternal dari kalangan akademisi dan praktisi untuk menyaring dua belas KRI, yaitu enam KRI kategori mahasiswa dan enam KRI kategori umum yang memiliki nilai tertinggi di setiap kategori dan telah lulus pengujian plagiarisme. Kedua belas KRI tersebut bertema manajemen risiko.

Selanjutnya, tahap penilaian final untuk menentukan urutan pemenang dilakukan oleh enam pejabat internal OJK. Finalis kategori mahasiswa mempresentasikan KRI dihadapan dewan juri secara daring pada tanggal 8 Oktober 2021, sedangkan finalis kategori umum pada tanggal 11 Oktober 2021.

Terakhir, dalam rangka mengumumkan urutan pemenang dan melakukan diseminasi KRI agar bermanfaat bagi stakeholders internal dan eksternal OJK, dilaksanakan kegiatan Awarding dan Seminar Karisma OJKI 2021 secara virtual pada tanggal 28 Oktober 2021 yang dihadiri oleh 1.399 peserta webinar dari kalangan akademisi, internal OJK, dan SDM SJK.